Minggu, 05 April 2015

Faktor Penyebab Terjadinya Benjolan Yang Perlu Anda Tahu

Mungkin Anda pernah mengalami atau bahkan saat ini sedang mengalami benjolan di leher ? Tapi tahukan Anda apa penyebabnya? dan berbahaya atau tidak? Tapi tentu alangkan baiknya harus tetap waspada terhadap apapun yang terjadi. Karena benjolan yang terjadi pun dapat disebabkan oleh beberapa faktor penyebab  yang dapat membahayakan tubuh kita. Yang mana benjolan ini pun memilki ukuran variasi ada yang kecil ada pula yang besar sehingga mudah terlihat.

Dan berikut merupakan Penyebab umum terjadinya benjolan berdasarkan lokasi atau struktur jaringan :

  • Kelenjar tiroid
Penyakit autoimun. kanker, gangguan lain dari kelenjar tiroid seperti gondok akibat kekurangan yodium, juga dapat menyebabkan pembesaran sebagian atau seluruh kelenjar tiroid.
  • Kelenjar Ludah (parotis)
Pembesaran kelenjar ludah atau (gondongan) dapat disebabkan oleh virus atau kanker.
  • Otot Leher
Cedera atau tortikolis dapat menyebabkan benjolan di oto-oto leher.
  • Kelenjar Getah Bening
Penyebab benjolan yang paling sering adalah pembesaran kelenjar getah bening. Yang mana kelenjar getah bening merupakan sistem pertahanan tubuh, mengandung sel-sel yang membantu tubuh melawan infeksi bakteri atau virus dan menyingkirkan sel-sel ganas atau kanker. Infeksi bakteri pada kepala, sinus, amandel, tenggorokan, gigi, atau kelenjar ludah dapat menyebabkan pembesaran kelenjar getah bening.

Dapat kita simpulkan bahwa kelenjar getah bening merupakan faktor utama penyebab terjadinya benjolan. Maka perlu Anda ketahui pula apa yang menjadi penyebab membengkaknya kelenjar getah bening. Berikut Ulasannya .

  • Kanker
Kanker bisa jadi termasuk penyebab membengkaknya kelenjar getah bening, yang menyebar ke kelenjar getah bening leher yang mengakibatkan benjolan. Sebagian besar kanker kepala dan leher disebabkan oleh rokok, penguna alkohol yang akan menyebabkan pula penyakit lainnya seperti kanker mulut, tenggorokan, pita suara, dan kanker lidah.
  • Infeksi Virus
  1. HIV / AIDS
  2. Herpes
  3. Mononukleosis infeksiosa
  4. Rubella ( campak jerman )
  5. Faringitis Viral
  • Infeksi bakteri
Benjolan yang terjadi pada leher atau bagian lain pada tubuh dapat disebabkan oleh kondisi bakteri dari :
  1. Radang tenggorokan
  2. Radang amandel
  3. Tuberkuulosis (TBC)
  4. Abses peritonsillar
Penyebab lainnya :
  • reaksi alergi terhadap obat
  • alergi makanan
  • batu saluran air liur
Itulah beberapa faktor yang kemungkinan menjadi penyebab terjadinya benjolan. Masing masing memiliki ciri yang sulit ditentukan. Jadi alangkah baiknya jika Anda segera melakukan pemeriksaan ke dokter apabila mengalaminya, dan lakukanlah pengobatan rutin sebagai pencegahnnya yaitu dengan Pengobatan Tradisional Kelenjar Getah Bening Ace Maxs. KLIK DISINI untuk mengetahui lebih lengkap !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar